Fungsi Teks Pada Microsoft Excel

Mei 17, 2017
1.    Fungsi LEN 
Fungsi LEN digunakan untuk mengetahui jumlah karakter pada teks termasuk simbol dan spasi.
Syntax : LEN(teks)
teks : dapat berupa teks langsung seperti =LEN(“Microsoft Excel”) yang akan menghasilkan nilai 15 karena jumlah karakter pada Microsoft Excel adalah 15 karakter. Teks juga dapat menggunakan cell yang mewakili teks seperti =LEN(A3) yang akan menghitung jumlah karakter pada cell A3


2.    Fungsi LEFT 
Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter sebuah teks dari sebelah kiri.
Syntax : LEFT(teksjumlah_karakter)
teks : dapat berupa teks langsung seperti =LEFT(“Microsoft Excel”, 3) yang akan menghasilkan karater “Mic” karena diambil karakter Microsoft Excel sebanyak 3 karakter dari kiri. Teks juga dapat menggunakan cell untuk mewakili teks seperti =LEFT(A3,3) yang akan mengambil karakter dari teks pada cell A3 sebanyak 3 karakter dari kiri.
jumlah_karakter : diisi dengan jumlah digit karakter yang akan diambil dari teks

3.    Fungsi RIGHT
Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil karakter sebuah teks dari sebelah kanan. Merupakan kebalikan dari fungsi LEFT.
syntax : RIGHT(teksjumlah_karakter)
Untuk keterangan sama dengan pada fungsi LEFT karena secara penulisan, hanya saja fungsi RIGHT mengambil karakter dari kanan. Contoh =RIGHT(“Microsoft Excel”, 3) akan menghasilkan karakter “cel“.

4.    Fungsi MID
Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter dari tengah teks.
syntax : MID(teksno_urut_mulaijumlah_karakter)
teks : untuk keterangan teks sama dengan fungsi teks yang telah dijelaskan tadi.
no_urut_mulai : adalah angka yang menentukan dari karakter berapa kita akan ambil atau menunjukkan posisi awal  karakter dari teks yang akan kita ambil. Untuk no_urut_mulai dihitung dari kiri.  Jika angka no_urut_mulai lebih besar dari jumlah karakter maka kita akan menemukan pesan error pada microsoft Excel #VALUE.
jumlah_karakter : adalah nilai dari jumlah karakter yang akan kita ambil dimulai dari no_urut_mulai. Jika jumlah_karakter benilai negatif maka akan muncul pesan error #VALUE, jumlah_karakter harus lebih atau sama dengan nol (0).

Untuk lebih memahami fungsi MID lihat ilustrasi gambar dibawah ini.

5.    Fungsi PROPER
Fungsi PROPER digunakan untuk merubah karakter pertama Kata pada teks menjadi huruf KAPITAL. Contoh =PROPER(“tutorial microsoft excel”) akan menjadi Tutorial Microsoft Excel.
syntax : PROPER(teks).
6.    Fungsi UPPER
Fungsi UPPER akan merubah semua karakter pada teks menjadi huruf KAPITAL. Contoh =UPPER(“tutorial microsoft excel”) akan menjadi TUTORIAL MICROSOFT EXCEL.
syntax : UPPER(teks)

7.    Fungsi LOWER
Fungsi LOWER akan merubah semua karakter pada teks menjadi huruf kecil. Contoh =LOWER(“Tutorial MICROSOFT excel”) akan menjadi tutorial microsoft excel.
syntax : LOWER(teks)
Untuk lebih mudah mempraktikkan semua fungsi teks di atas contohlah seperti tabel di bawah ini.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.