Faktor- faktor dalam Peluang Usaha (Kewirausahaan)

Mei 01, 2017



    A.    Pengertian Peluang dan Menganalisis peluang Usaha

1.       Peluang adalah kesempatan yang dapat ditemukan diberbagai bidang usaha yang dapat memberi keuntungan
2.       Menganalisis peluang usaha adalah mencari tahu peluang-peluang usaha apa saja yang dapat dijadikan sebagai usaha/bisnis

B.      Cara mengidentifikasi peluang usaha

Menurut Dr. D.J. Schwartz
    1.       Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan. Singkirkan kata-kata tidak mungkin, mustahil, dan tidak bisa didalam pikiran kita
    2.       Hilangkan tradisi lingkungan yang statis, yang dapat melumpuhkan pikiran wirausaha, etos kerjayang rendah dan terlalu santai
3.       Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri dan mendengarkan orang lain
4.       Bersemangat dan perluas fikiran
5.       Bergaul dengan orang-orang yang mendatangkan peluang usaha

C.      4 unsur yang harus diperhatikan untuk menjadi wirausaha sukses:
1.       Work hard (kerja keras)
2.       Work smart (kerja cerdas)
3.       Enthusiasm (kegairahan)
4.       Service (pelayanan)

D.      Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam merintis usaha baru:
1.       Bidang dan jenis usaha yang dimasuki
2.       Bentuk usaha dan kepemilikan yang dipilih
3.       Tempat usaha yang dipilih
4.       Organisasi usaha yang digunakan
5.       Jaminan usaha yang mungkin diperoleh
6.       Lingkungan usaha yang berpengaruh

E.       Sumber peluang usaha
1.       Peluang dari diri sendiri (Inspirasi atau Ide)
Peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya ialah peluang yang bersumber dari dalam diri sendiri. Peluang yang berasal dari diri sendiri:
a)      Hobi
b)      Keahlian
2.       Peluang dari lingkungan
a)      Keluarga
b)      Rumah, tetangga, teman bermain/teman sekolah
c)       Kebiasaan anda ketika berangkat dan pulang sekolah dalam perjalanan/dilingkungan sekolah

F.       Faktor-faktor keberhasilan usaha:
1.       Peluang itu memiliki ciri peluang usaha yang baik
2.       Peluang itu berasal dari hubungan bersinergi antara wirausaha dan usaha
3.       Peluang itu memiliki tingkat kegagalan yang kecil
4.       Produk yang dihasilkan telah melakukan uji coba pasar
5.       Produk yang dihasilkan mengikuti tren
6.       Produk yang dihasilkan terus menerus diinovasi

Faktor-faktor pendukung:
1.       Kemanusiaan
2.       Keuangan
3.       Organisasi
4.       Perencanaan
5.       Mengatur usaha
6.       Pemasaran
7.       Administrasi
8.       Fasilitas pemerintah

G.     Faktor kegagalan peluang usaha:
1.       Peluang itu bersifat jangka pendek
2.       Peluang itu sudah kadaluarsa
3.       Peluang itu lewat begitu saja
4.       Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang bersinergi
5.       Produknya tidak melalui uji oba pasar



H.      Pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan inovatif:
1.       Make modification (melakukan beberapa perubahan)
2.       Make it better (membuat yang lebih baik)
3.       Make it the first (menjadi yang pertama)
4.       Make special products (membuat produk khusus)
5.       Clonning (meniru habis tetapi merknya berbeda)

6.       Substitusi (menjadi produk pengganti)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.