FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

April 30, 2017

Berikut adalah beberapa faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural di Indonesia:
1.       Keadaan geografis
Keadaan geografis merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural. Hal ini dikarenakan di Indonesia, tersebar ribuan pulau maka dari itu disetiap pulau tersebut terdapat perbedaan kebudayaan antara pulau satu dengan pulau lainnya.

2.       Keterbukaan budaya luar
Ini dapat menjadi salah satu faktor dikarenakan keterbukaan bangsa Indonesia terhadap datangnya budaya asing. Dapat dilihat seperti sekarang ini bahwa para remaja di Indonesia lebih mengutamakan trend kebarat-baratan daripada trend budayanya sendiri seperti batik atau apapun yang menyangkut budaya Indonesia

3.       Sistem agama
Dikarenakan agama di Indonesia terdiri dari 6 agama yaitu islam, katolik, protestan, hindu, budha dan konghucu. Dari setiap agama tersebut terdapat perbedaan, misalnya cara ibadahnya atau doa nya. Maka dari situ dapatlah muncul masyarakat multikultural.

4.       Kondisi iklim yang berbeda
Masyarakat di Indonesia memiliki lingkungan tempat tinggal yang berbeda-beda. Misalnya ada masyarakat yang tinggal disekitar tepi pantai dan mereka mendapatkan sumber kehidupan dari laut seperti menjadi nelayan. Dan ada juga yang tinggal didaerah pegunungan untuk mmepertahankan hidup, mereka bekerja sebagai petani.

5.       Keberagaman Ras
Ras dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
1.       Ras mongoloid
2.       Ras kaukasoid
3.       Ras negroid
Dari berbagai macam ras ini dapat terbentuk masayarakat multikultural.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.